Facebook-Instagram Ganggu Mental Anak dan Remaja, Digugat!

Facebook-Instagram Ganggu Mental Anak dan Remaja, Digugat!

Ilustrasi warga menggunakan aplikasi sosial media di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa, (19/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Meta sedang dalam tekanan. Para wakil rakyat Amerika Serikat menuduh media sosial milik Meta, Instagram dan Facebook, berdampak negatif untuk anak dan remaja.

Koalisi anggota kongres AS https://rtpkas138.skin/ dari partai Republik dan Demokrat menggugat Meta ke pengadilan federal. Perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu dituduh mengetahui taktik Facebook menerapkan fitur yang membuat kecanduan. Fitur-fitur Facebook dinilai berdampak buruk ke kesehatan mental anak dan gangguan makan pada remaja.

Selain para wakil rakyat, jaksa penuntut umum dari 9 negara bagian AS ikut menggugat.

“Angka anak dan remaja penderita kesehatan mental menyentuh rekor, perusahaan media sosial seperti Meta bersalah,” kata jaksa Letitia┬áJames. “Meta mengambil keuntungan dari derita anak-anak karena secara sengaja mendesain fitur media sosial yang membuat mereka kecanduan dan kehilangan harga diri.”

Dave Yost, jaksa dari negara bagian Ohio, menyatakan gugatan ke Meta adalah upaya “memaksa perusahaan untuk mengubah kebijakan” karena orang tua membiarkan anak mengunakan aplikasi buatan Meta. “Pengguna platform-platform ini, sangat rentan terkena perundungan siber dan menjadi sasaran predator online. Meta membuatnya tambah parah, karena anak menjadi korban.”

Juru bicara Meta, Andy Stone, menyatakan bahwa ada 30 fitur di media sosial milik Meta yang tersedia untuk “mendukung remaja dan keluarga mereka.”

“Kami kecewa, bukannya bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dari berbagai industri untuk menciptakan standar yang jelas dan pantas untuk berbagai aplikasi yang digunakan remaja, para penuntut umum memilih jalan ini,” kata Stone merespons kabar soal gugatan ke Meta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*