Bos BI Pede Rupiah Kembali Berjaya Tahun Ini

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Acara Laporan Transparansi dan Akuntabilitas Bank Indonesia (LTABI) 2022 (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meyakini perkembangan nilai tukar rupiah akan kembali menguat pada tahun ini.

“Nilai tukar rupiah akan menguat karena faktor fundamental semuanya memberikan justifikasi dasar bahwa nilai tukar rupiah akan menguat,” kata Perry, dalam Laporan Transparansi dan Akuntabilitas Bank Indonesia (LTABI) 2022, Senin (30/1/2023).

Adapun, dia menegaskan inflasi Indonesia telah menurun, kemudian neraca perdagangan dan neraca pembayaran mengalami surplus.

Hal ini diikuti oleh prospek ekonomi yang baik. Pada 2023, BIĀ  memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5,1%. Bahkan, BI yakin pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,3%, lebih tinggi dari ekonomi dunia sebesar 3%.

“Ini mendasari kami mengapa rupiah akan menguat setelah tentu saja gejolak global ini semakin mereda,” tegas Perry.

Dia pun menambahkan selama ini rupiah dibiarkan sesuai dengan mekanisme pasar di saat normal. Namun, jika terjadi gejolak, BI tidak pernah ragu melakukan intervensi nilai tukar rupiah.

“Ini terobosan melakukan suatu optimalisasi cadangan devisa,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*