AS-Eropa Minggir! Rusia “Bersatu” dengan Iran & China di Arab

Kolase Bendera China, Iran, dan Rusia. (Dok. Getty Image)

Rusia “bersatu” dengan Iran dan China di Arab. Di tengah tekanan Amerika Serikat (AS) dan Eropa, ketiga negara makin erat bekerja sama.

Dalam update terbaru Moskow, Teheran dan Beijing memulai latihan bersama angkatan laut di Laut Arab. Ini dilakukan sejak 15 Maret.

“Latihan bersama disebut ‘Sabuk Keamanan Laut 2023’ telah dimulai di sekitar pelabuhan Chabahar, Iran,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dikutip¬†AFP,¬†Kamis (16/3/2023).

“Rusia akan diwakili oleh fregat Laksamana Gorshkov dan sebuah kapal tanker berukuran sedang,” tambah kementerian tersebut.

Selama latihan angkatan laut, kapal akan melakukan manuver bersama. Kapal-kapal militer juga akan melakukan tembakan artileri di siang dan malam hari.

Sebelumnya, Presiden Vladimir Putin telah berusaha untuk meningkatkan hubungan politik, ekonomi dan militer dengan China dan Iran. Hubungan makin erat saat Kremlin dimusuhi Barat setelah mengirim pasukan ke Ukraina.

Perang Rusia ke Ukraina telah memicu beberapa putaran sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bukan hanya individu Rusia, sanksi Barat juga membidik bisnis dan sumber energi, minyak dan gas, Rusia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*